Bungkus 4 Penghargaan, IAIN Kerinci Tampil Siap di Konferensi Internasional,

Konferensi Internasional Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) ke-5

SUNGAIPENUH – IAIN Kerinci sudah patut bangga dengan raihan mahasiswa yang berhasil menyabet empat penghargaan pada acara Konferensi Internasional Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) ke-5 dengan tema “Manusia dan Ilmu Pengetahuan di masa Pandemi Covid-19” bertempat di Aula IAIN Pontianak, Selasa (12/10).

Rincian penghargaan pada konferensi yang dilaksanakan secara daring tersebut terdiri dari Penghargaan Best Baper kategori Teaching and Learning Innovations di posisi 2 dan kategori Religious Moderation di posisi 3, sedangkan Penghargaan Team Presenter meraih terbaik 2 dan Penghargaan Delegasi Terjauh memenangkan posisi dua. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Ali Marzuki Zebua, M.Pd. selaku Sekertaris Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

“Jadi, dari perwakilan mahasiswa Jurusan PAI IAIN Kerinci tersebut, total kita mendapat empat penghargaan, 3 kategori juara 2 dan 1 kategori juara 3, kita bersyukur sekali, Alhamdulillah”, ujarnya.

Dr. Nuzmi Sasferi, M.Pd. sebagai ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah mengatakan, saat ini banyak mahasiswanya yang cukup berprestasi yang memerlukan suatu wadah untuk pengembangan bakat mahasiswa. Beliau juga mengutarakan jika pihak juga juga akan selalu mendorong progres kegiatan mahasiswa yang mengakselerasi visi dan misi kampus IAIN Kerinci.

"Mereka sering ikut event event seperti ini dan pihak Jurusan akan terus mendorong mereka meningkatkan kualitasnya, sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita kampus pogresif yang menjadi visi dan misi kita sekarang" ungkapnya.

Sementara Wakil Dekan III FTIK Bidang Kemahasiswaan, Eva Ardinal mengucapkan selamat kepada dua mahasiswa yang menjadi delegasi tersebut dan kedepannya beliau akan terus mencari mahasiswa berbakat yang akan diutus menjadi peserta di banyak event di dalam dan luar kampus.

Alhamdulillah, selamat dan sukses atas capaian kedua mahasiswa yang mendapatkaan empat penghargaan sekaligus, ini lompatan yang baik bagi setiap tingkat, baik jurusan, fakultas, hingga institusi. Kedepan kita akan hunting lagi mahasiswa-mahasiswa kita yang mempunyai bakat untuk didorong, difasilitasi, dan diikutsertakan pada acara-acara nasional dan internasional dan ditargetkan untuk mendapatkan juara atau penghargaan lagi” bebernya.

Senada dengan Eva, Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asa'ari M.A.g, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa FTIK. Diakui Rektor, IAIN Kerinci sekarang sedang giat untuk memberikan fasilitas dan pendampingan bagi mahasiswa yang memiliki kualitas untuk tampil pada setiap event, forum, atau kompetisi mahasiswa. Hal ini bertujuan agar nama IAIN Kerinci itu sendiri dapat dikenal lebih baik dan luas di taraf nasional dan internasional.

"Ya jelas, kita ikut bangga dangan prestasi yg diraih 2 mahasiswa kita ini, mudah mudahan potensinya dieksplorasi dan dikembangkan terus, serta ditularkan kepada mahasiswa mahasiswa IAIN Kerinci yang lain sehingga IAIN Kerinci bisa bicara di event dan forum ilmiah yang lebih luas lagi di tingkat nasional maupun internasional," ungkapnya.

Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan Dan Kerja Sama, Dr. Halil Khusairi, M.Ag. mengatakan jika rencana awal mahasiswa yang berpartisipasi pada event ini akan disertakan secara luring untuk diberangkatkan ke Pontianak, namun karena ada kendala, untuk sekarang masih dilakukan secara daring.

"Awalnya dua orang mau dikirim, tapi Satu orang berhalangan, jadi kita putuskan untuk ikut secara daring," ungkapnya.

Sebagai peserta perwakilan konferensi BUAF, Vegia Oviensy mengatakan sangat bahagia dan tidak menyangka jika dapat memperoleh penghargaan tersebut. Mahasiswa jurusan PAI yang biasa disapa dengan Vegi ini menceritakan jika ini merupakan sebuah lompatan besar bagi dirinya untuk dapat tampil di kancah internasional.

“Senang sekali, tidak menyangka sebenarnya, tapi ini merupakan hasil kerja keras kita untuk bisa tampil di konferensi itu dan dipandang baik di mata nasional maupun internasional”, papar Vegi.

Di sisi lain, Luqyana Axmiya Putri perwakilan mahasiswa IAIN Kerinci jurusan PAI yang menyabet juara 3 Best Paper kategori Relligious Moderation menceritakan jika pencapaian ini adalah usaha kolektif. Luqy mengungkapkan, memiliki rekan satu frekuensi adalah hal penting jika targetnya untuk meningkatkan kualitas dan prestasi diri.

“Bisa mendapatkan teman yang satu frekuensi itu menyenangkan, kita dapat berbagi banyak hal, menentukan misi-misi kehidupan kedepan, jadi kalo aku pribadi untuk meningkatkan kualitas diri, aku akan cari kawan yang memiliki visi yang satu frekuensi dan kalo bisa berjuang bersama untuk mewujudkannya”, ungkap Luqy.

Keduanya juga berharap jika jejak presetasi ini dapat diikuti oleh mahasiswa atau adik tingkat yang masih di tengah kuliah. Mereka meyakini jika mahasiswa IAIN Kerinci memiliki kualitas yang sama dengan mahasiswa pada kampus besar umumnya ditambah kesempatan untuk menyalurkan bakat diri pada saat ini telah melimpah dan seharusnya hal tersebut dapat ditangkap dengan baik bagi mahasiswa-mahasiswa yang lain.

“Kami berharap ini dapat menginspirasi kawan-kawan atau adik-adik tingkat lain untuk diikuti, kansnya besar sekali di luar sana untuk meningkatkan dan mengukur kualitas diri kita, kami percaya kalau IAIN Kerinci sekarang memilki mahasiwa yang kaya talent untuk bersaing dengan mahasiswa di kampus besar lainnya”, tutup keduanya.

(Media Center-TIPD)

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
kampus merdeka
merdeka belajar
Kegiatan Mahasiswa
Seminar Internasional
Konferensi Internasional
BUAF ke-5
IAIN Pontianak

Berita Lainnya

Workshop/Lokakarya  Kurikulum MBKM Prodi PAI IAIN Kerinci 2021
07/12/2021

SUNGAI PENUH - Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci... Selanjutnya

IAIN Kerinci Raih Medali OASE 2021
29/11/2021

SUNGAIPENUH - Kontingen IAIN Kerinci meraih tiga medali pada Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (... Selanjutnya

Mahasiswa Menghadiri Pelantikan/Sidang Senat Terbuka Wisuda IAIN Kerinci ke-5 2021
25/11/2021

SUNGAI PENUH -  Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 433 Tahun 2021 tentang Wisudawan-Wisudawati Lulusan Terbaik dan... Selanjutnya

Pelantikan Wisuda IAIN Kerinci ke-5 Tahun 2021
25/11/2021

SUNGAI PENUH  - Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asa’ari, M.Ag. melantik secara langsung wisudawan-wisudawati pada Sidang Senat Terbuka... Selanjutnya

Pelantikan Pengurus UKM FUAD 2021
25/11/2021

SUNGAI PENUH - Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kerinci mengadakan acara pengukuhan Pengurus Unit Kegiatan... Selanjutnya

Yudisium FEBI 2021
24/11/2021

SUNGAIPENUH - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kerinci melaksanakan yudisium ke empat di Hotel Grand Kerinci, Selasa... Selanjutnya

Humas Bicara, Webinar Jadi ASN Solutif seri #59 2021
24/11/2021

SUNGAI PENUH – Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asa’ari, M.Pd. hadir sebagai narasumber pada webinar “Menjadi ASN Solutif” yang digelar... Selanjutnya

22/11/2021

SUNGAI PENGUH - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kerinci mengadakan seminar hasil penelitian BOPTN Tahun... Selanjutnya

Musyawarah Wilayah SEMA PTKIN se-Sumatera
19/11/2021

KERINCI - IAIN Kerinci menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Wilayah Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam... Selanjutnya

Pelantikan Ormawa Faksyar 2021
18/11/2021

SUNGAI PENUH - Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci melantik pengurus baru Organisasi Mahasiswa (Ormawa)... Selanjutnya