Festival Bulan Bahasa UPB IAIN Kerinci 2023 Usung Tema "Cultural Intellectualism in Addressing Social Issues"

UPB IAIN Kerinci

Sungai Penuh - Unit Pengembangan Bahasa (UPB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci 2023 gelar Festival Bulan Bahasa dengan mengusung tema "Cultural Intellectualism in Addressing Social Issues", yang akan diadakan mulai dari tanggal 20 Oktober 2023 s/d 26 November 2023 mendatang di UPB Kampus I IAIN Kerinci Koto Lolo.

Kepala UPB IAIN Kerinci, Dr. Rodi Hartono, M.Pd menjelaskan bahwa Festival Bulan Bahasa tahun ini  menyelenggarakan beberapa lomba untuk tingkat SMA sederajat dan perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Sedangkan petunjuk dan penjelasan lomba dikirimkan ke sekolah masing-masing oleh tim Sosialisasi Lomba, Kegiatan kali ini merupakan Festival Bulan Bahasa yg ke-3  yang diselenggarakan oleh UPB IAIN Kerinci. Dengan menawarkan beberapa Topic pada tiap lomba, diantaranya:

A. Alam dan Lingkungan
B. Hak Asasi Manusia dan Keadilan Sosial
C. Politik Santun dan Damai
D. Moderasi Beragama
E. Era Digital dan Masa Depan
F. Krisis Mental dan Kemanusiaan

Bagi para peserta berhak untuk memilih salah satu topik yag diberikan pada setiap lomba yang diikutinya. Dengan cara mengirimkan video kepada panitia.

Pendidikan berbasis Budaya menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia karena kita memiliki beragam budaya dan Bahasa dari seluruh pelosok negeri Nusantara ini. Kita diharuskan untuk saling menghargai dan menghormati berbagia budaya dan etnis serta Bahasa yang berbeda dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan untuk mempersatukan setiap suku bangsa yang ada di Negara kita.

"Agar pendidikan tidak hanya mengutamakan kemampuan kognitif saja, namun juga mengembangkan kemampuan psikomotorik dan afektif. Salah satu kegiatan untuk menumbuhkan karakter dan memahami budaya lokal adalah kegiatan bercerita  dan berpidato. Peserta didik tidak hanya didorong untuk berani dan percaya diri menyampaikan cerita, namun lebih jauh lagi diharapkan mampu memahami nilai-nilai kebaikan dan moral dalam cerita-cerita tersebut," jelasnya.

Misalkan,dalam cerita tersebut pada akhirnya mampu diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari sebagai karakter dan  ciri khas bangsa Indonesia. 

"Hal tersebut menjadi pijakan bagi UPB IAIN Kerinci dalam menggagas lomba dengan mengangkat isu social bagi pengembangan intektualitas budaya  dalam kehidupan sehari-hari " tutupnya.

Maila Sari, M.Pd., Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Bulan Bahasa  ke-3 tahun 2023, menyampaikan bahwa sebanyak 25 sekolah, madrasah dan Pesantren ada di kabupaten Kerinci dan Kota sunggai Penuh diundang  untuk mengrim peserta lomba. Sampai tanggal 15 November 2023 jam 23.59 lebih dari 107 peserta yang mengirim video kepada panitia. Peserta lomba Festival kali ini lebih banyak dari tahun yang sebelum, peserta sangat antusias, tegasnya.

Puncak acara festival akan dilaksanakan pada hari sabtu, 25 November 2023 untuk pelaksanaan Grand Final dan pada minggu 26 November 2023 dilaksanakan pemberian hadiah kepada peserta pemenang lomba.

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
kampus merdeka
merdeka belajar
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Kerinci
UPB IAIN Kerinci

Berita Lainnya

19/05/2024

 
SUNGAI PENUH - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci semakin aktif dalam menjalin kerja sama... Selanjutnya

17/05/2024

Oleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung)
(Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag RI)

Dilansir dari laman... Selanjutnya

16/05/2024

Jakarta (Kemenag) -Kementerian Agama kembali membuka program seleksi penerimaan beasiswa... Selanjutnya

14/05/2024

Sungai Penuh - Pendaftaran UM-PTKIN 2024 telah berlangsung. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun... Selanjutnya

Rapat Pembentukan UPG
07/05/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci mengambil langkah proaktif dalam upaya... Selanjutnya

Forum konsorsium
07/05/2024

 

Samarinda - Kepala Unit Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Dr. Rodi Hartono, S.Pd., M.Pd,... Selanjutnya

Wisuda Ke-VIII
02/05/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci melaksanakan prosesi wisuda Ke-VIII. Wisuda... Selanjutnya

Yudisium Fuad
30/04/2024

Sungai Penuh - Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kerinci menggelar yudisium ke VII dengan tema "... Selanjutnya

Yudisium Syariah
29/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menggelar acara Yudisium ke... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya