Prodi Sejarah Peradaban Islam IAIN Kerinci Targetkan Jadi Pusat Penelitian Budaya Daerah

Ravico, M.Hum. Sekjur SPI FUAD IAIN Kerinci

Sungai Penuh – Program Studi (Prodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan salah satu program sarjana strata 1 (S1) yang berada pada naungan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (UAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Pengajuan prodi SPI yang mulai disetujui penyelenggaraannya pada medio 2018 kemarin keterlibatan banyak pihak Fakultas UAD yang mana pada kala itu masih dipimpin oleh Dr. Hadi Candra M.Pd.

Ravico, M.Hum. selaku Sekretaris Jurusan (Sekjur) SPI, (21/06) disela kegiatan menyampaikan bahwa Prodi SPI Fakultas UAD IAIN Kerinci berusaha untuk menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi Islam yang berkomitmen mengembangan nilai-nilai Islam yang ramah, moderat, dan anti kekerasan.

"Harapannya besar prodi SPI ini bisa menjadi salah salah satu jurusan unggulan di Jambi, Sumatra, dan Indonesia. Bahwa di kerinci ini banyak mempunyai aset sejarah sosial budaya berharga yang harus dipelajari dan harus dikembangkan lagi seperti Aksara Incung dan peninggalan-peninggalan kuno lainnya," ungkapnya. 

Program Studi SPI berkhidmat secara sungguh-sungguh untuk mencetak lulusannya menjadi intelektual yang handal, memiliki integritas moral, serta mampu mengejawabkan pesan-pesan Ilahi dalam segala aktivitas kehidupannya. Visi Unggul dan Kompetitif dalam pengembangan Ilmu Sejarah dan Peradaban Islam, Kerinci, dan Sumatera Tahun 2029. Misi dari jurusan SPI yaitu Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang professional dengan mengedepankan nilai-nilai   kearifan lokal serta memiliki  wawasan global, Menyelenggarakan penelitian yang unggul dan kompetitif dengan menggali  kearifan lokal serta  berwawasan global, Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, dan berkarater Islami dan Meningkatkan dan Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dibidang kajian Sejarah Peradaban Islam guna  terlaksanakan tri darma perguruan tinggi.

"Sedangkan tujuan dari visi dan misi itu sendiri yaitu Menghasilkan sarjana yang professional dibidang Sejarah Peradaban Islam dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal serta berwawasan global, Menghasilkan penelitian keilmuan Sejarah Peradaban Islam yang unggul dan kompetitif, Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dan berkarater islami dan Menghasilkan kerja sama kelembagaan untuk membangun kajian sejarah peradaban Islam guna terlaksananya tri darma perguruan tinggi tersebut," jelasnya.

Sebagai prodi baru, SPI tentunya masih perlu melakukan pembenahan penyesuaian sistem akademik namun hal tersebut tak lantas mengurangi semangat untuk membesarkan citra Prodi SPI yang baik di tengah masyarakat, dalam waktu dekat Prodi SPI akan mengenjot implementasi Visi dan Misi, diharapkan mahasiswa dapat bersabar menunggu perampungan Prodi yang lulusannya akan diberi gelar sebagai Sarjana Humaniora (S.Hum.) ini.

Media Center – TIPD

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
SPI
Prodi FUAD
mahasiswa

Berita Lainnya

Yudisium Fuad
30/04/2024

Sungai Penuh - Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kerinci menggelar yudisium ke VII dengan tema "... Selanjutnya

Yudisium Syariah
29/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menggelar acara Yudisium ke... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci... Selanjutnya

23/04/2024

 

Sungai Penuh - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menyerahkan Surat Keputusan kepada... Selanjutnya

Halalbihalal 1445 H
17/04/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci dengan kehadiran ketua senat, wakil rektor,... Selanjutnya

17/04/2024

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci kembali membuat terobosan dengan memperkenalkan gedung... Selanjutnya

Sidak
16/04/2024

 

Sungai Penuh - Kehadiran Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

Open House
14/04/2024

 

Sungai Penuh - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa'ari, M.Ag.,... Selanjutnya

Civitas akademika IAIN Kerinci
09/04/2024

 

Sungai Penuh - Sebagai teladan kebajikan bagi civitas akademika dan masyarakat Kabupaten Kerinci dan... Selanjutnya

beylikdüzü escort