IAIN Kerinci Persiapkan Dengan Maksimal "Expo Kemandirian Pesantren" Dalam Rangka Hari Santri Nasional.

Rapat Finalisasi Expo Kemandirian Pesantren

Sungai Penuh - Dalam rangka persiapan acara peringatan Hari Santri Nasional dan Expo Kemandirian Pesantren Tahun 2023 yang akan digelar oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, panitia pelaksana telah melakukan rapat finalisasi persiapan, Jum'at (20/10). Agenda yang sejatinya akan dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 22 bulan ini pun telah dipersiapkan dengan maksimal, berbagai macam persiapan pun telah dibahas secara seksama melalui segenap unsur pimpinan dan panitia pelaksana.

Rektor IAIN Kerinci Dr. H. Asa'ari, M.Ag., dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya Hari Santri Nasional ini diselenggarakan untuk bisa menghargai peran penting para santri dalam pembangunan negara dan peradaban. beliau juga menyampaikan bahwa santri memilki peran strategis dalam menjaga toleransi beragama, kedamaian dan nilai-nilai keagamaan di masyarakat.

"Di momentum Hari Santri ini diharapkan akan menjadi momentum penting untuk mengapresiasi peran santri dalam memajukan pendidikan, keagamaan, dan toleransi di Indonesia. Rangkaian kegiatan ini diharapkan akan menginspirasi generasi muda untuk mengikuti jejak para santri dalam berkontribusi positif terhadap persatuan serta kesatuan bangsa dan negara," Ungkap nya.

Salah satu agenda utama rapat finalisasi ini adalah Expo Kemandirian Pesantren yang mana akan melibatkan banyak santri, ustadz dan masyarakat yang akan menjadi sorotan penting dalam hal mensyiarkan hari santri ini yang akan menunjukkan solidaritas serta keberagaman dalam dunia santri yang memancarkan akhlak mahmudah atau akhlak yang baik kepada masyarakat khusunya di Kabupaten.

Expo santri akan dilaksanakan pada hari minggu sampai senin 22-23 Oktober 2023 mendatang yang mana akan ada expo hari santri dengan peserta pondok pesantren dan MA sederajat yang ada di wilayah Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang akan menuangkan kreatifitas kedalam stand dan juga ada 4 cabang perlombaan. Marawis berlokasi di panggung utama, busana muslim di ruang pertemuan Rektorat, Da’i di ruang kelas Gedung baru, dan pidato 3 bahasa di ruang pertemuan LPPM. Dengan tema nasional “Jihad Santri Jayakan Negeri”, seluruh panitia optimis serangkaian kegiatan Hari Santri 2023 dapat berjalan dengan lancar.

(MEDIA CENTER TIPD DAN HUMAS)

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
kampus merdeka
merdeka belajar
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Kerinci
Hari Santri Nasional
Expo Kemandirian Pesantren
Hari Santri 2023

Berita Lainnya

17/05/2024

Oleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung)
(Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag RI)

Dilansir dari laman... Selanjutnya

16/05/2024

Jakarta (Kemenag) -Kementerian Agama kembali membuka program seleksi penerimaan beasiswa... Selanjutnya

14/05/2024

Sungai Penuh - Pendaftaran UM-PTKIN 2024 telah berlangsung. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun... Selanjutnya

Rapat Pembentukan UPG
07/05/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci mengambil langkah proaktif dalam upaya... Selanjutnya

Forum konsorsium
07/05/2024

 

Samarinda - Kepala Unit Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Dr. Rodi Hartono, S.Pd., M.Pd,... Selanjutnya

Wisuda Ke-VIII
02/05/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci melaksanakan prosesi wisuda Ke-VIII. Wisuda... Selanjutnya

Yudisium Fuad
30/04/2024

Sungai Penuh - Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kerinci menggelar yudisium ke VII dengan tema "... Selanjutnya

Yudisium Syariah
29/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menggelar acara Yudisium ke... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci... Selanjutnya