Respon Positif Tindak Lanjut SPBE Kemenag, IAIN Kerinci Siap Implementasikan SIAKAD Terintegrasi

Persiapan SIAKAD Kemenag 2023

 JAKARTA – Sebagai bentuk tindak lanjut dari implementasi Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci penuhi undangan dari pihak Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam acara Persiapan Integrasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang digelar di penguhujung tahun ini. Bertempat di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta. IAIN Kerinci melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Teknologi Informasi dan Pengelolaan Data (TIPD) tampak siap secara keseluruhan lakukan integrasi pengelolaan SIAKAD kedepan, Senin (30/10/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh banyak Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) seluruh Indonesia ini tentunya menjadi salah satu agenda yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Asa’ari menerangkan, melalui kegiatan ini, kampus IAIN Kerinci dapat melakukan pemetaan strategis tentang bagaimana alur kerja SIAKAD menjadi lebih efektif dan efisien kedepan, sehingga SIAKAD itu sendiri dapat menjadi suatu wadah pengelolaan aktifitas akademik digital IAIN Kerinci yang mudah dan memudahkan.

“Kita bersyukur tim IT IAIN Kerinci diundang ke sini. Kita bisa melihat dan mengikuti perkembangan. Kita juga bisa melihat kedepan kira-kira kampus kita mau ditempatkan bagaimana. Saya kira yang paling penting mengembangankan sistem teknologi di kampus yang nyaman dan aman informasinya,” terang Rektor.

Ditempat yang sama, Wakil Rektor II IAIN Kerinci Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr. Jafar Ahmad, M.Si., proses integrasi SIAKAD ini bisa seluruhnya sama diterapkan pada PTKN di Indonesia. Beliau pun juga menerangkan telah mempersiapkan seluruh data untuk dipresentasikan melalui pihak IT UPT TIPD IAIN Kerinci

“Terkait dengan persiapan integrasi aplikasi, IAIN Kerinci sebenaranya sudah memiliki aplikasi khusus untuk itu, rencana integrasi ini sangat kita sambut secara positif, karena kita berharap sistem informasi yang dimana bisnis prosesnya sama di semua kampus itu bisa diintegrasikan,” jelas Ja’far.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk memperkuat sistem informasi akademik di seluruh PTKN di Indonesia.  UPT TIPD terdiri dari para ahli dan tenaga ahli dalam bidang teknologi informasi dan pendidikan. Mereka bertugas untuk mengoordinasikan dan memfasilitasi proses integrasi SIA di seluruh PTKIN, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi administrasi akademik, memudahkan akses informasi, dan meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga-lembaga tersebut.

(Yoga - Media Center)

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
kampus merdeka
merdeka belajar
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Kerinci
SPBE Kemenag
SIAKAD 2023
Integrasi Sistem

Berita Lainnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci... Selanjutnya

23/04/2024

 

Sungai Penuh - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menyerahkan Surat Keputusan kepada... Selanjutnya

Halalbihalal 1445 H
17/04/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci dengan kehadiran ketua senat, wakil rektor,... Selanjutnya

17/04/2024

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci kembali membuat terobosan dengan memperkenalkan gedung... Selanjutnya

Sidak
16/04/2024

 

Sungai Penuh - Kehadiran Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

Open House
14/04/2024

 

Sungai Penuh - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa'ari, M.Ag.,... Selanjutnya

Civitas akademika IAIN Kerinci
09/04/2024

 

Sungai Penuh - Sebagai teladan kebajikan bagi civitas akademika dan masyarakat Kabupaten Kerinci dan... Selanjutnya

30/03/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.id
Oleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam... Selanjutnya

30/03/2024

Jakarta - Momentum penting dalam dunia pendidikan dengan diadakannya sidang kelulusan penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi... Selanjutnya

beylikdüzü escort