JAKARTA – Sebagai bentuk tindak lanjut dari implementasi Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci penuhi undangan dari pihak Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam acara Persiapan Integrasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang digelar di penguhujung tahun ini. Bertempat di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta. IAIN Kerinci melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Teknologi Informasi dan Pengelolaan Data (TIPD) tampak siap secara keseluruhan lakukan integrasi pengelolaan SIAKAD kedepan, Senin (30/10/2023).
Kegiatan yang dihadiri oleh banyak Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) seluruh Indonesia ini tentunya menjadi salah satu agenda yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Asa’ari menerangkan, melalui kegiatan ini, kampus IAIN Kerinci dapat melakukan pemetaan strategis tentang bagaimana alur kerja SIAKAD menjadi lebih efektif dan efisien kedepan, sehingga SIAKAD itu sendiri dapat menjadi suatu wadah pengelolaan aktifitas akademik digital IAIN Kerinci yang mudah dan memudahkan.
“Kita bersyukur tim IT IAIN Kerinci diundang ke sini. Kita bisa melihat dan mengikuti perkembangan. Kita juga bisa melihat kedepan kira-kira kampus kita mau ditempatkan bagaimana. Saya kira yang paling penting mengembangankan sistem teknologi di kampus yang nyaman dan aman informasinya,” terang Rektor.
Ditempat yang sama, Wakil Rektor II IAIN Kerinci Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr. Jafar Ahmad, M.Si., proses integrasi SIAKAD ini bisa seluruhnya sama diterapkan pada PTKN di Indonesia. Beliau pun juga menerangkan telah mempersiapkan seluruh data untuk dipresentasikan melalui pihak IT UPT TIPD IAIN Kerinci
“Terkait dengan persiapan integrasi aplikasi, IAIN Kerinci sebenaranya sudah memiliki aplikasi khusus untuk itu, rencana integrasi ini sangat kita sambut secara positif, karena kita berharap sistem informasi yang dimana bisnis prosesnya sama di semua kampus itu bisa diintegrasikan,” jelas Ja’far.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk memperkuat sistem informasi akademik di seluruh PTKN di Indonesia. UPT TIPD terdiri dari para ahli dan tenaga ahli dalam bidang teknologi informasi dan pendidikan. Mereka bertugas untuk mengoordinasikan dan memfasilitasi proses integrasi SIA di seluruh PTKIN, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi administrasi akademik, memudahkan akses informasi, dan meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga-lembaga tersebut.
(Yoga - Media Center)